Social

Hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia?

Saat menunggu antrian imigrasi, kamu pastinya pernah melirik paspor orang-orang di sekitarmu. Pertanyaan tentang negara asal dan warna paspor mereka juga pasti pernah muncul di benak pikiranmu kan?

Kalau kamu sering mengamati orang-orang di antrian imigrasi ini, kamu tentu menyadari bahwa warna dasar paspor hanya itu-itu saja. Pengamatanmu sangat tepat! Hanya ada 4 warna paspor di dunia yaitu merah, biru, hijau dan hitam. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan sumber daya untuk memenuhi persyaratan kartu stok paspor.

Meskipun begitu, 4 warna utama ini masih bisa dibedakan menjadi beragam gradasi warna. Contohnya, warna merah yang digunakan negara Swiss adalah vermillion yang terang sementara warna paspor negara anggota Uni Eropa (kecuali Kroasia) adalah merah burgundy. Dengan demikian, setiap negara bisa memilih gradasi warna yang unik sebagai warna paspor mereka.

Lalu, siapa yang memutuskan bagaimana wujud paspor kita?

Meskipun International Civil Aviation Organisation (ICAO) memegang peranan penting dalam memutuskan ukuran dan format paspor, pemerintah negara masing-masing yang bertanggung jawab dalam memilih warna paspor untuk negaranya. Pilihan warna ini biasanya disengaja untuk mencerminkan afiliasi geografis dan politik negara tersebut. Berikut ini penjelasan tentang setiap warna paspor di dunia serta negara-negara yang menggunakan warna tersebut!

1. Warna Merah 

Paspor Swiss

Merah dipilih sebagai warna paspor bagi negara-negara yang memiliki sejarah atau masih memiliki latar belakang komunis seperti negara-negara anggota Uni Eropa, Cina dan Rusia. Selain itu, warna paspor merah juga dipilih oleh negara-negara seperti Singapura dan Swiss untuk melambangkan warna bendera nasional mereka.

2. Warna Biru

Paspor Amerika Serikat

Paspor bersampul biru dipilih oleh negara-negara yang termasuk dalam “dunia baru” (New World) seperti Amerika Serikat, Kanada, negara-negara Kepulauan Karibia dan Australia. Warna paspor biru juga diadopsi oleh negara-negara Amerika Latin anggota serikat dagang Mercosur seperti Brasil, Argentina dan Paraguay.

3. Warna Hijau

Paspor Indonesia | Image credit: Charles Wiriawan

Kebanyakan negara-negara Muslim seperti Pakistan, Arab Saudi dan Iran memilih hijau sebagai warna sampul paspornya. Hal ini dikarenakan hijau dianggap sebagai warna favorit Nabi Muhammad SAW dan simbol bagi alam serta kehidupan.

4. Warna Hitam

Paspor Selandia Baru

Warna hitam dipilih sebagai warna paspor dengan alasan praktis yaitu agar tidak mudah kotor dan tampak resmi. Warna hitam juga digunakan karena melambangkan warna resmi negara tersebut seperti Selandia Baru.

Baca Juga: 7 Spot Wisata Alam di Batu, Malang yang Ngehits Banget!

Karena pilihan warna paspor bisa menunjukkan status geopolitik suatu negara, tidak heran kalau banyak negara yang mengganti warna paspor mereka dari waktu ke waktu. Turki sudah beberapa kali melakukan revisi warna paspor mulai dari merah menjadi biru kemudian hijau dan kembali menjadi warna merah. Pilihan mereka untuk kembali menggunakan warna merah burgundy bisa dianggap sebagai langkah strategis untuk menunjukkan minat bergabung dengan Uni Eropa. Sementara itu, perundingan Brexit yang akan menentukan keanggotaan Inggris dalam Uni Eropa juga memicu rencana untuk mengganti warna merah burgundypaspor Inggris menjadi warna biru.

Sebuah negara juga bisa menggunakan warna paspor yang berbeda-beda untuk menunjukkan perbedaan status dan identitas warga negaranya. Di India, warga negara biasa memiliki paspor bersampul biru gelap sementara pejabat pemerintahan yang melakukan perjalanan bisnis memiliki paspor bersampul putih. Para pejabat pemerintah tingkat tinggi dan diplomat memiliki paspor bersampul merah tua (paspor diplomatik). Demikian pula di Amerika Serikat, warga negara biasa memiliki paspor bersampul biru sementara para diplomat dan personil militer memiliki paspor berwarna hitam.

Image credit: susi.bsu

Meskipun tidak banyak diketahui, informasi tentang warna dokumen penting yang memberikan kesempatan bagi kita untuk berkeliling dunia ini merupakan salah satu sumber pengetahuan tentang sejarah diplomatik suatu negara lho! Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang makna di balik setiap warna paspor di dunia kan? Jangan lupa bagikan informasi ini ya!

Share:

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *