Wisata

7 SMA Paling Favorit di Medan, Kamu Suka yang Mana?

Sama seperti halnya kota-kota lain di Indonesia, Medan memiliki sekolah menengah atas unggulan. Bukan hanya lantaran mutunya yang baik, tapi juga karena fasilitasnya mendukung. Sekolah-sekolah unggulan ini tak hanya diincar warga Medan, tapi juga yang dari luar daerah, seperti Pematang Siantar, Sidikalang, dan lain-lain.

Menurut hasil wawancara idntimes kepada beberapa alumni mahasiswa yang pernah tinggal di Medan, mereka menyebutkan setidaknya ada tujuh SMA favorit di sana. Cek yuk, apa SMA-mu masuk?

1. SMA Santo Thomas 1 Medan

Banyak yang bilang kalau SMA Santo Thomas 1 Medan—biasa disebut Stosa—merupakan sekolah yang banyak diincar. Sebab, sekolah ini sering sekali mengharumkan Medan lantaran prestasinya. Lulusannya pun banyak masuk ke perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia, seperti UGM, ITB, UI, dan lainnya.
SMA Santo Thomas 1 Medan memiliki fasilitas belajar yang mendukung, seperti ruang ber-AC, proyektor LCD, free Wi-Fi, laboratorium fisika, laboratorium biologi, laboratorium kimia, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang multimedia, ruang UKS, ruang rapat, loker, studio musik, lapangan voli, lapangan basket/futsal, dan ruang doa.
Selain itu, SMA ini punya paduan suara bernama St Thomas Chronicles Choir yang banyak menyabet penghargaan, baik penghargaan daerah maupun nasional.

2. SMA N 1 Medan

Namanya Smansa Medan. Lokasinya di Jalan Teuku Cik Dik Tiro Nomor 1, Medan, Sumatera Utara. Sekolah yang berdiri sejak 1950 ini telah melahirkan banyak pemimpin sipil dan militer di tingkat regional maupun nasional. Sekolah jebolan penyanyi Indonesian Idol, Rini Wulandari, ini pernah menduduki peringkat kesembilan untuk hasil UN terbaik se-Indonesia jurusan IPA. Selain itu, siswa di sekolah ini terkenal pintar-pintar dan berhasil menjuarai olimpiade di bidang sains, bahasa, dan olahraga.

3. SMA N 3 Medan

SMA Negeri 3 Medan berdiri sejak 1954. Hanya terpaut 4 tahun dengan SMA N 1 Medan. Kini sekolah itu berlokasi di Kelurahan Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat, Medan, Sumatera Utara. Sekolah ini mampu mencetak murid dengan beragam prestasi. Bahkan, pada tahun pelajaran 2013/2014, sekolah ini menjadi percontohan dan pendamping pelaksana kurikulum 2013 bagi sembilan sekolah yang ada di Medan.
SMA N 3 Medan pernah menyabet beberapa juara nasional, di antaranya juara III Debat Bahasa Inggris 2011, Juara I Lomba Guru Berprestasi Bidang IT 2011, Juara I Olimpiade Guru Matematika Tahun 2011, Juara II Guru Berprestasi Tingkat Sumatera Utara 2013, dan Peserta Lomba Kemah Kawasan Tingkat Nasional di Pulau Sebatik pada 2013.

4. SMA Negeri 5 Medan

SMA N 5 Medan dibangun pada 2 Februari 1986. Dulunya, SMA ini memiliki ruangan yang kecil dan terbatas. Di antaranya hanya ada satu ruang guru, satu ruang tata usaha, dan sembilan ruang kelas. Namun, karena banyak peminatnya, lama-lama SMA ini memiliki ruang kelas yang cukup banyak, bahkan tersedia beragam ruang laboratorium. Pada 2011, SMA ini menyabet akreditasi A dengan nilai 96,68.

5. SMA Negeri 4 Medan

Sama seperti SMA favorit lainnya, SMA N 4 Medan juga melahirkan tokoh-tokoh besar. Di antaranya Agung Laksono, mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, serta Tengku Erry Nuradi, Wakil Gubernur Sumatera Utara.
SMA ini memiliki fasilitas penunjang belajar yang cukup lengkap. Di antaranya laboratorium biologi, laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan lapangan olahraga. Ekstrakulikulernya pun cukup memadai, di antaranya teater, paskibraka, paduan suara, modern dance, karya ilmiah remaja, dan English club.

6. SMA Sutomo 1 Medan

SMA Sutomo 1 pamornya tak kalah dengan SMA lain. Lulusannya banyak yang masuk ke perguruan tinggi negeri favorit melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Seperti tahun lalu, misalnya 17 siswa berhasil lolos ke Institut ITB, 10 ke UGM, 6 ke UI , 4 ke Unpad, dan 3 ke USU. Soal prestasi tak usah lagi ditanyakan. Sebanyak tiga siswa SMA Sutomo yang tergabung dalam tim Sutomo 1 INVOKER berhasil menjadi juara I pada Indonesian Robotic Olympiad (IRO) di Surabaya pada 2-3 September 2016.

7. SMA Methodist 1 Medan

SMA ini juga tak kalah kesohor. Statusnya swasta, namun fasilitasnya tak kalah dari SMA negeri. Letaknya di Jalan Hangtuah Nomor 4 Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan, Medan, Sumatera Utara. SMA ini pernah terkenal lantaran siswanya, Sonya Ekarina Depari, pernah mengaku sebagai anak jenderal Irjen Pol Arman Depari. Meski membawa kabar yang tak enak, Sonya ternyata punya prestasi cukup membanggakan di sekolah, seperti menjuarai lomba model. Siswa-siswi SMA itu pun tak kalah banyak mengukir prestasi.
Apakah kamu merupakan lulusan SMA itu? Kalau iya, mana suaranya?

 

Share:

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *