Wisata

Air Terjun Silaklak, Pesona Air Terjun Terpopuler di Sibolga

Berwisata ke kota Sibolga, tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang setelah selesai melakukan berbagai aktivitas yang padat. Ya, kota ini memilki panorama alam yang bermacam-macam, mulai dari kawasan perbukitan, kawasan perkotaan, kawasan pantai hingga kawasan perairannya yang terdapat beberapa pulau.

Semua objek wisata dari beberapa kawasan tersebut telah dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat demi memberikan pelayanan yang baik bagi para wisatawan. Berbicara tentang wisata alam di Kota Sibolga, di kota ini sebenarnya cukup banyak wisata alam yang tersebar di berbagai wilayahnya mulai seperti sungai, air terjun hingga waduk buatan yang dikelola oleh PLTA Kota Sibolga.
Namun, diantara wisata alam tersebut, yang paling terpopuler di Kota Sibolga adalah Air Terjun Pulau Mursala. Siapa yang tak mengenal air terjun yang satu ini ? Tentunya sebagai masyarakat Kota Sibolga nama air terjun ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga, sebab Air Terjun ini merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia. Karena keindahannya tersebut, Air Terjun Pulau Mursala ini pun sudah sangat populer di berbagai belahan dunia karena pernah menjadi lokasi pengambilan beberapa scene pada Film Hollywood terpopuler.
Bahkan tak jarang, hampir setiap tahunnya selalu banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia yang mengunjungi objek wisata yang satu ini sembari menikmati panorama perairan di Teluk Tapian Nauli, bahkan beberapa dari wisatawan mancanegara tersebut pun ada yang memancing di sekitar perairan Teluk Tapian Nauli ini.

Wisatawan dari mancanegara tersebut biasanya datang secara rombongan dengan menggunakan pemandu perjalanan dari Kota Medan setelah berkunjung ke berbagai objek wisata populer yang lainnya di Sumatera Utara seperti Danau Toba, Bukit Lawang, Ekowisata Tangkahan, Taman Lau Simalem hingga objek wisata di Dataran Tinggi Karo.
Berbicara tentang air terjun, selain Air Terjun Pulau Mursala sebenarnya di kota Sibolga ini juga masih ada beberapa air terjun yang memberikan pesona yang menawan. Salah satu air terjun tersebut adalah Air Terjun Silaklak, pernahkah Anda mendengar nama air terjun ini ? Apabila Anda pernah berkunjung ke Kota Sibolga, tentunya nama air terjun ini sudah begitu familiar sebab Air Terjun Silaklak ini merupakan salah satu air terjun terpopuler di Kota Sibolga selain Air Terjun Pulau Mursala yang terdapat di Pulau Mursala.
Namun Air Terjun Silaklak ini berbeda dengan Air Terjun Pulau Mursala, jika Air Terjun Pulau Mursala aliran airnya langsung bermuara ke laut lepas, tidak begitu dengan Air Terjun Silaklak ini, sebab air terjun ini bermuara ke sungai. Terletak beberapa kilometer saja dari Pusat Kota Sibolga, Air Terjun Silaklak ini menawarkan eksotika keindahan yang sangat unik, bahkan karena begitu uniknya tak jarang air terjun ini sering digunakan oleh para pecinta fotografi untuk mengambil gambar dengan berlatar belakang dari air terjun ini.
Air Terjun Silaklak ini mempunyai debit air yang cukup deras, debit air tersebut berasal dari sungai yang terdapat di atasnya. Berwarna sangat jernih dan berasa tawar, namun Air Terjun Silaklak ini cukup dingin karena aliran sungai yang ada diatasnya berasal dari perbukitan yang letaknya tepat di dataran tinggi yang beriklim sejuk.
Apalagi ketika musim penghujan, aliran Air Terjun Silaklak ini semakin deras, bahkan debit airnya mencapai beberapa kali lipat dari musim kemarau, sehingga pada musim penghujan adalah saat yang tepat untuk mengunjungi objek wisata Air Terjun Silaklak ini. Air Terjun Silaklak turun dari bebatuan yang tidak terlalu tinggi, namun uniknya bebatuan yang menjadi lintasan air terjun ini terlihat begitu menyeni karena bentuknya yang unik dan tidak rata namun terlihat indah. Bebatuan tersebut sama halnya seperti bebatuan di sekitar aliran air terjun lainnya yang berwarna coklat kehitaman.
Untuk bisa mencapai lokasi Air Terjun Silaklak ini tidaklah mudah, sebab jalur yang dilalui akan memberikan tantangan tersendiri bagi para wisatawan. Jalur yang dilalui untuk menuju ke objek wisata Air Terjun Silaklak ini mempunyai panjang sekitar 2 kilometer yang terdiri dari jalur tanah dengan sedikit berbatu dan jalur tersebut dapat ditempuh dengan memakan waktu kurang dari satu jam untuk sekali perjalanan.
Jalur tersebut bukanlah jalur datar, sebab topografi alam yang terdapat di sekitar kawasan objek wisata Air Terjun Silaklak ini seperti halnya perbukitan yang mengharuskan para wisatawan untuk mendaki. Sehingga untuk mencapai lokasi air terjun ini memang cukup melelahkan dan menguras energi. Namun, sepanjang perjalanan menuju objek wisata ini, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama hijaunya alam yang terbentang di sekitarnya.
Sesekali juga terlihat satwa-satwa seperti burung maupun serangga yang terbang dengan bebas. Udara di sekitar lokasi ini pun sangat sejuk dan masih sangat alami, sehingga memberikan kenyamanan bagi para wisatawan untuk sekedar melepas penat dari aktivitas di perkotaan yang padat.
Objek wisata Air Terjun Silaklak ini biasanya begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika hari libur, bahkan wisatawan yang datang pun bukan hanya wisatawan lokal saja sebab terkadang terlihat juga beberapa wisatawan yang datang dari luar Kota Sibolga seperti Kota Medan dan Kota Pematang Siantar, bahkan wisatawan dari Sumatera Barat pun juga terlihat di sekitar lokasi objek wisata ini.
Bagi Anda yang menggemari kegiatan fotografi, selain objek wisata bahari di Kota Sibolga, objek wisata alam seperti Air Terjun Silaklak ini pun sangat direkomendasikan sebagai objek potret Anda. Karena Air Terjun Silaklak ini terlihat begitu unik dengan bentuknya yang berbeda dari air terjun lainnya. / jalan2.com
Share:

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *