Desa Tuktut Siadong, Kampung Turis Danau Toba

Browse By

Berbicara tentang keindahan Danau Toba, mungkin tidak akan ada habisnya. Danau vulkanik ini menyimpan banyak sekali pesona yang dapat kita jelajahi mulai dari pantai, gunung hingga kebudayaan etnis Batak yang masih sangat terjaga. Ya, Danau Toba ini merupakan pusat destinasi pariwisata Internasional yang terdapat di Sumatera Utara sehingga namanya sangat terkenal tak hanya di kalangan wisatawan domestik, bahkan di kalangan wisatawan mancanegara pun nama danau ini juga sangat populer.

Sehingga pada bulan-bulan tertentu kita dapat melihat lalu lalang para turis di sepanjang Danau Toba yang datang dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, bahkan dari negara-negara Timur Tengah, Eropa dan Amerika. Bagi wisatawan mancanegara, Danau Toba ini memang destinasi pariwisata yang wajib dikunjungi. Sebab akan sayang sekali apabila terlewatkan !
Berbicara tentang wisatawan mancanegara, di Danau Toba ada sebuah kawasan yang menjadi favorit para wisatawan mancanegara. Nama kawasan tersebut adalah Desa Tuktuk Siadong. Pernahkah Anda mendengar nama desa yang satu ini ? Desa Tuktuk Siadong, mendengar namanya mungkin sudah tidak asing lagi dimata para wisatawan lokal maupun mancanegara sebab Desa Tuktuk Siadong memang sudah sangat populer sejak dahulu dan biasanya menjadi persinggahan utama para wisatawan mancanegara sebelum menelusuri objek-objek wisata lainnya di Danau Toba.

Desa Tuktuk Siadong adalah sebuah desa kecil yang terdapat Danau Toba, tepatnya di kawasan pesisir Pulau Samosir yang berbentuk seperti sebuah tanjung. Desa ini mempunyai panorama alam yang sangat menarik, seperti panorama Danau Toba yang membentang dengan luas, perbukitan Danau Toba yang menjulang dengan nuansa hijau, serta suasana khas Budaya Batak yang masih sangat terjaga.

Desa Tuktuk Siadong

Suasana khas Budaya Batak yang dapat Anda lihat di desa ini adalah tradisi masyarakatnya hingga arsitektur bangunan yang terdapat di desa ini. Bahkan desa ini telah masuk ke dalam Buku Lonely Planet yang merupakan panduan perjalanan pariwisata Internasional. Sehingga secara tak langsung, dapat diketahui bahwa Desa Tuktuk ini merupakan desa yang wajib dikunjungi apabila berada di Pulau Samosir, Danau Toba.

Desa Tuktuk Siadong juga mempunyai sebuah pantai berpasir putih. Mungkin bagi para wisatawan yang baru pertama kali mendengar adanya pantai di sebuah danau serasa agak asing, apalagi desa ini tidak terletak di daerah dataran rendah. Ya, Pantai pasir putih di desa ini tidak sama seperti pantai-pantai lainnya yang terdapat di daerah dataran rendah yang berhawa panas, sebab Desa Tuktuk Siadong sendiri terletak di daerah dataran tinggi yang berhawa sejuk.

Desa Tuktuk Siadong

Sehingga apabila Anda mengunjungi pantai disekitar desa ini, maka Anda akan merasakan suasana pantai yang berhawa sejuk dengan kombinasi perbukitan dari Danau Toba yang menjulang dengan indahnya. Perairan di pantai ini pun bukanlah perairan laut lepas seperti halnya pantai-pantai lainnya sebab perairan di pantai ini tentu saja berasal dari perairan Danau Toba. Menarik bukan ?
Anda pun dapat melakukan yang ditawarkan oleh pihak pengelola pariwisata pantai di Desa Tuktuk Siadong seperti kegiatan menyelam ataupun sekedar berenang di daerah pantai yang cukup dangkal. Dan bagi Anda yang menggemari olahraga yang menggunakan perahu, Anda pun juga dapat melakukan kegiatan berlayar dengan menggunakan perahu layar yang disewakan oleh pihak pengelola di kawasan pantai Desa Tuktuk Siadong.
Selama berlayar, Anda dapat menelusuri perairan Danau Toba hingga jarak tertentu, sehingga Anda pun dapat melihat panorama apa saja yang terdapat di sekitar Danau Toba. Tak hanya itu, pihak pengelola pun juga menyediakan kegiatan kayak bagi Anda yang menggemari kegiatan kayaking dengan menggunakan perahu canoe.
Perairan Danau Toba yang tenang memang sangat menunjang untuk melakukan kegiatan ini, sehingga Anda tak perlu takut untuk menelusuri perairan Danau Toba. Bahkan apabila Anda belum berpengalaman dalam melakukan kegiatan kayak, Anda juga dapat menggunakan jasa para pelatih. Biasanya kegiatan kayak ini digemari oleh para wisatawan mancanegara,
Bagi Anda yang hobbi memancing, di desa ini juga terdapat beberapa tempat pemancingan. Tempat pemancingan tersebut biasanya dipenuhi oleh wisatawan pada hari libur ataupun pada hari-hari tertentu dimana para wisatawan sedang ramai. Potensi ikan yang terdapat di perairan Danau Toba adalah ikan air tawar dengan berbagai jenis, bahkan ada juga yang jenisnya memiliki harga yang cukup mahal.
Selain itu, bagi Anda yang menyukai kegiatan hiking, Anda juga dapat menjelajahi perbukitan yang terdapat di desa ini. Perbukitan di desa ini di dominasi oleh vegetasi tumbuhan dataran tinggi, sehingga Anda pun dapat mempelajari berbagai jenis tumbuhan tersebut sembari berolahraga dan menikmati hawa sejuk pegunungan.
Dari atas perbukitan, Anda pun juga akan disuguhkan oleh panorama perairan Danau Toba yang membentang dengan indahnya. Sesekali juga terlihat beberapa perahu nelayan dan kapal feri yang sedang beraktivitas di sekitar Danau Toba.
Bagaimana, Anda berminat untuk mengunjungi desa ini ? Bagi Anda yang berminat, terlebih dahulu Anda harus menggunakan jasa perahu penyebrangan yang terdapat di Parapat dengan tujuan Desa Tuktuk Siadong dengan lama perjalanan sekitar 20 – 30 menit. Selama di perjalanan, panorama alam perairan Danau Toba dan perbukitan akan memanjakan mata Anda.
Bagi Anda yang ingin menginap, di Desa Tuktuk juga terdapat berbagai penginapan mulai dari penginapan yang harganya terjangkau hingga yang sekelas hotel berbintang. Tak hanya itu, di desa ini juga telah dibangun berbagai macam fasilitas bagi para wisatawan mulai dari Pusat Kerajinan khas Batak hingga restaurant yang menyajikan kuliner Indonesia maupun kuliner mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *