Sibanggor Julu, Desa Tertua di Tanah Batak

Browse By

Ada sebuah desa tua di provinsi Sumatera Utara yang berusia ratusan tahun dan masih lestari keberadaannya hingga kini. Desa itu bernama Sibanggor Julu, berada di Kecamatan Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal. Sebuah desa tua yang sudah berusia ratusan tahun, kini masih lestari. Desa itu kini tampil jadi objek wisata yang mempesona karena orinisalitasnya.

hudream.blogspot.co.id

Nama Desa Sibanggor berasal dari bahasa Mandailing yang artinya hangat-hangat kuku. Desa ini tak bisa dipisahkan dari Aek (sungai) Milas. Sungai yang kecil nan jernih tak jauh dari desa dan seakan sudah menyatu dengan kehidupa warga. Sangat cocok bagi kamu yang suka berpetualang.
Desa Sibanggor Julu memang bisa dikatakan desa yang kuno, sebab di desa ini rata-rata rumah penduduknya masih sangat sederhana dan begitu menyatu dengan alam, atap dari rumah di sini masih menggunakan bahan alami yang terbuat dari serat pohon aren yang sering kita sebut ijuk. Dindingnya pun masih terbuat dari kayu, selain itu rumah di sini juga masih menerapkan rumah panggung.

Terdapat air panas alami yang mengandung belerang yang sering dugunkan untuk berendam dan mengobatai penyakit kulit.

Saat ini, setidaknya ada sekitar 1.600 jiwa yang mendiami desa kuno Sibanggor Julu dan mayoritas penduduknya beragama Islam. Para penghuni desa ini juga masih memanfaatkan alam sekitar untuk dijadikan mata pencaharian. Sebagian warga sekitar menjadikan di bawah rumahnya untuk memelihara hewan ternak dan menyimpan kayu bakar.

pardameanharahapadventure.blogspot.co.id

Desa ini juga menjadi destinasi wisata bagi sebagian masyarakat dari luar daerah Mandailing Natal. Selain wisata cagar budaya, pemandian air panas dan air terjun juga menjadi tujuan wisatawan. Kearifan lokal desa ini membuat banyak wisatawan berkunjung.

Instagram/@afni_haesbeh

Lokasinya yang berada di bawah kaki gunung menjadikan desa ini sebagai tempat persinggahan bagi para pendaki yang akan menikmati puncak gunung Sorik Marapi. Tak jarang pendatang berfoto-foto di desa tersebut karena keindahan alamnya. Nah, ke sana yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *