Aplikasi ‘Antarin’, Siap Antar Jemput Makanan dan Penumpang di Siantar

Browse By

Foto: Hetanews.com

Wah, ternyata aplikasi ojek online yang siap antar makanan dan penumpang kemanapun telah hadir di Siantar. Aplikasi yang diprakarsai Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PD PAUS) Pematangsiantar itu, ternyata asli buatan anak Siantar sendiri lho.  Mau tau seperti apa aplikasinya itu?
Direktur utama PD PAUS Herowhin Sinaga melalui Kepala Unit Transportasi dan Eksepedisi Apul Fernando Sihombing menjelaskan program Antarin yang berbasis internet tersebut dibuat sendiri oleh anak Pematangsiantar di mana aplikasinya kental dengan budaya Simalungun.
Image result for antarin siantar

Foto : metro24jam.com

Apul menyebutkan, program Antarin dibuat berdasarkan keresahan masyarakat di mana banyak mahasiswa yang kuliah malam namun mengeluhkan soal kendaraan yang minim di Siantar. Berangkat dari situlah, kata Apul, kemudian PD PAUS berinovasi mengembangkan transportasi dengan sistem online.
“Kami juga sudah berkonsultasi dengan Go Jek terkait sistem yang mereka terapkan dan sistem itulah yang kita terapkan dalam aplikasi kita,” katanya.
Namun, katanya, ada perbedaan dari Go Jek dengan aplikasi Antarin. Katanya, dalam aplikasi Antarin konsumen dapat melakukan pemesanan makanan ke tempat makanan langsung. Dengan demikian, ada berbagai kebutuhan yang dapat dipesan melalui aplikasi Antarin yakni memesan becak, sepeda motor, mobil, mengantar makanan, mengantar dokumen, dan dapat rental kendaraan.
Diterangkan Apul, untuk mendapatkan aplikasi Antarin dapat langsung di-download di Google Play dengan mengetik ANTARIN Siantar. “Dapat juga menghubungi nomor telepon 082165980358. Soal tarif sudah ada di aplikasi, jadi tidak perlu lagi nego, tinggal ketik tempat kita sekarang, kemudian tujuan kita langsung tertera harganya, jadi tidak ada negosiasi,” katanya.
Aplikasi Antarin, lanjut Apul, disesuaikan dengan kondisi Kota Siantar yang sering tidak ada signal. Khusus untuk daerah-daerah yang tak ada signal, pemesan dapat menelepon operator. Sementara untuk menjadi driver, kata Apul, dapat mendaftarkan langsung di Kantor PD PAUS.
“Untuk menghindari tindak kejahatan, kita akan lakukan test pisikologi terhadap driver, dan nantinya driver mendepositkan uang sebesar rp 100 ribu untuk sepeda motor. Itu berlaku sepanjang 120 km sementara untuk mobil 30 km serta untuk becak 40 km,” katanya.
Dikatakan, tarif yang harus dibayarkan pelanggan jika memesan kenderaan roda dua sebesar rp 1500/km, mobil rp 10.000/km dan becak 5000/km. Tarif ini dapat diketahui jika pelanggan download Antarin di Google Play Store.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *