Danau TobaWisata

10 Destinasi Wisata Di Danau Toba Yang Instagenik

Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Bukan hal yang mengejutkan karena daya tarik danau yang berada di provinsi Sumatera Utara tersebut memang luar biasa. Destinasi wisata di Danau Toba pun cukup beragam karena lanskap dan kreativitas warganya, yang menjadikan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut sebagai salah satu must visit tourism spot di Sumatera Utara.
Akan tetapi, tidak sedikit yang hanya setengah-setengah mengeksplorasi keindahan Danau Toba. Padahal, banyak tempat wisata baru di Danau Toba yang tidak kalah menarik dan juga mengundang decak kagum bagi siapa pun yang datang ke sana.
Untuk bisa menikmati Danau Toba secara maksimal, tidak ada salahnya mencari tahu spot wisata baru dan kekinian di sekitar danau, yang terbentuk di sebuah kaldera dari gunung berapi super di Indonesia itu. Kami memiliki daftar beberapa destinasi wisata di Danau Toba, yang akan membuat kunjunganmu jauh lebih menyenangkan dan berkesan. Cekidot di bawah ini, ya!
  1. Lokasi asyik menikmati Danau Toba – Gunung Pusuk Buhit
Image credit: @sukronstrs_
Ada gunung berapi di dalam gunung berapi super, dan Gunung Pusuk Buhit adalah fenomena alam ajaib itu. Berada di pulau Samosir, yang berada di kaldera gunung berapi super Toba, Gunung Pusuk Buhit menawarkan keindahan tersendiri.
Image credit: @andi_hzein
Kamu bisa melihat Toba dari ketinggian lebih dari 1,900 meter dari permukaan laut. Atmosfernya sejuk, panoramanya luar biasa. Kamu harus meluangkan waktu trekking di Gunung Pusuk Buhit jika berkunjung ke Samosir.
Koordinat lokasi klik di sini
  1. Seperti di Ranu Kumbolo – Paropo, Danau Toba
Image credit: @ryo_rebi
Siapa pun yang sudah pernah ke Semeru dan sampai ke Ranu Kumbolo, kemudian bertandangan ke Paropo, pinggiran Danau Toba, mungkin akan merasa sedang berada di tempat yang sama.
Image credit: @flora_agustina
Nuansanya memang asyik, dengan pemandangan gunung sebagai backgrounddan perairan di depannya. Ya, Ranu Kumbolo dan Paropo cukup memiliki kesamaan dalam hal pemandangan. Tapi bukan berarti kamu mengurungkan niat berkunjung dan menikmati Toba, kan?
Image credit: @ademaulanaharahap
Koordinat lokasi klik di sini
  1. Sunrise indah di perbukitan Toba – Bukit Gajah Bobok
Image credit: @vinayulizaoktaviana
Ingin mendapatkan kesan maksimal menikmati pagi? Berkunjung saja ke Bukit Gajah Bobok sebelum matahari terbit. Dari puncaknya, kamu bisa menikmati sunrise yang keren di ufuk timur, sekaligus menyaksikan keindahan lanskap perbukitan di sekitar Danau Toba.
Image credit: @saudagirlomeh
Pengalaman berkesan lain yang bisa kamu dapatkan di sini adalah berkemah di puncak bukit. Jika beruntung, gugusan bintang yang indah bisa kamu lihat dengan mata telanjang.
Koordinat lokasi klik di sini
  1. Bukit hijau dan ilalang – Holbung Samosir
Image credit: @iksansafii09
Dari kejauhan, bukit berpunuk membentang dari satu sisi ke sisi lain. Lanskapnya terlihat indah dan menakjubkan, pas jadi background selfie kamu.
Image credit: @mistersuu
Yang menjadikan Bukit Holbung eksotiss adalah nuansa yang ditawarkan. Dengan Danau Toba di satu sisi, sementara sisi lainnya adalah gugusan perbukitan yang hijau, kamu bisa menikmati setiap detiknya dengan hembusan udara yang sejuk dan ilalang yang menari karena hembusan angin.
Image credit: @maulana_chairul
Koordinat lokasi klik di sini
  1. Jalur asyik menikmati Danau Toba – Bukit Siadtaratas
Image credit: @mikeklion
Terbentuk jalan setapak tepat di bukit Siadtaratas, yang ujungnya adalah pesisir Danau Toba dan puncak bukit. Menyusurinya dibutuhkan keberanian, karena ada kemungkinan terpeleset dan jatuh ke bawah.
Image credit: @trionotarigan
Namun, harus diakui, berada di lintasan bukit Siadtaratas ini cukup mengesankan. Apalagi, di puncak bukit, kamu bisa membebaskan mata menikmati Toba dan segala kelebihannya dengan leluasa. Top banget!
Image credit: @travelmatesiantar
Koordinat lokasi klik di sini
  1. Eksotik dan epic– Negeri Bakkara
Merupakan wilayah di pinggiran baratdaya Danau Toba, berada di antara dua bukit dan di waktu tertentu, menghasilkan pemandangan yang luar biasa indah.
Image credit: @frankyartt
Pada satu titik tertentu, kamu bisa menyaksikan wilayah ini tertutup bayangan dari salah satu bukit yang ada. Panoramanya juga epic banget. Kamu harus mengunjungi wilayah ini jika punya kesempatan liburan di Danau Toba.
Koordinat lokasi klik di sini
  1. Spot selfie yang fotogenik – Bukit Indah Simarjarunjung
Image credit: @bukitindahsimarjarunjung
Di sini, kamu bisa mengeksplorasi kemampuanmu berselfie dengan banyaknya lokasi foto yang Instagenik. Mulai ‘sarang burung’, papan titian, ayunan ekstrim hingga papan bintang semua bisa kamu gunakan untuk selfie.
Image credit: @bukitindahsimarjarunjung
Koordinat lokasi klik di sini
  1. Spot ikonik di pesisir Toba – Menara Pandang Tele Samosir
Menikmati wisata di Danau Toba dari ketinggian memang istimewa, dan salah satu spot mendapatkan sensasi tersebut adalah di Menara Pandang Tele Samosir.
Image credit: @samsilitongajr
Ada beberapa tingkat dan jarak pandang berbeda untuk menyaksikan kemegahan Danau Toba. Istimewanya, menara pandang ini menawarkan pemandangan tidak biasa dari ketinggian.
Koordinat lokasi klik di sini
  1. Curahan kesejukan yang menyegarkan – Air Terjun Efrata
Image credit: @fajarnuari
Siapa yang tidak suka main air? Saat mengunjungi Danau Toba, kamu bisa bersenang-senang main air di bawah air terjun di Air Terjun Efrata. Letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota dan akses jalan yang mudah dijangkau membuat air terjun ini menjadi salah satu primadona wisata di Samosir.
Image credit: @agus.supriyansyah
Pemandangan di sekitar air terjun masih alami, pun demikian dengan atmosfer yang ada. Yang menyenangkan, panorama air terjunnya sendiri cukup mengesankan dan airnya juga segar dan menyejukkan.
Koordinat lokasi klik di sini
  1. Air terjun yang jatuh ke Danau Toba – Air Terjun Situmurun/Binangalom
Image credit: @samuel_sugary
Tidak sedikit keistimewaan tersaji di Danau Toba, dan salah satunya adalah air terjun yang langsung ‘tumpah’ ke danau, yaitu air terjun Situmurun, atau orang lokal menyebutnya air terjun Binangalom.
Image credit: @wandiecugivano
Untuk bisa melihat langsung fenomena alam yang luar biasa ini, lebih baik kamu menggunakan kapal motor dari desa Gopgopan di Samosir. Setelah sampai ke lokasi, kamu bisa menyaksikan keindahan, dan bahkan berenang langsung di bawah cucurannya. Seru abis!
Koordinat lokasi klik di sini
Worth to visit: Kearifan lokal desa Batak kuno di Samosir – Huta Siallagan, Desa Ambarita
Image credit: @yusantaavi
Akan kurang rasanya liburan di wilayah yang baru tanpa merasakan nuansa pedesaan lokal. Di Samosir, sembari menikmati keindahan Danau Toba, tidak ada salahnya menyambangi desa Batak kuno Huta Siallagan.
Image credit: @daniel69416941
Luar biasanya, perkampungan ini terkenal dengan tradisi kanibal dan menyimpan sejarah Batu Persidangan. Nuansa desanya juga sedikit seram, tapi tetap asyik untuk dikunjungi, lho! Juga, kamu bisa belanja souvenir di sini. Yang pasti, spot wisata di Danau Toba ini wajib kamu kunjungi!
Koordinat lokasi klik di sini
www.tripzilla.id
Share:

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *